cover
Contact Name
Wiwit Damayanti Lestari
Contact Email
wiwitdamayantilestari@unwir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mathline@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 25025872     EISSN : 26223627     DOI : -
Core Subject : Education,
Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and August.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): Mathline" : 8 Documents clear
STUDI KOMPARATIF TENTANG PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION Trisnawati, Rini
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.034 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematissiswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing dan siswa yang DirectInstruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu PretesPost-test two treatment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satuMTsN di Pekanbaru. Sampel untuk penelitian ini diambil dua kelas sebagai kelas eksperimendengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal teskemampuan pemecahan masalah. Temuan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemecahanmasalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Problem Posinglebih baik daripada siswa yang memperoleh Direct Instruction; dan (2) Peningkatan kemampuanpemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan ProblemPosing lebih baik daripada siswa yang memperoleh Direct Instruction.
IDENTIFIKASI LEARNING OBSTACLE PADA POKOK BAHASAN SUDUT PUSAT DAN SUDUT KELILING LINGKARAN Siti Aisah, Lusi; Kusnandi, Kusnandi
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.61 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.90

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi learning obstacleatau kesulitan-kesulitansiswa dalam proses penyelesaian permasalahan yang terkait dengan sudut pusat dan sudut kelilingdalam lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknikpengumpulan data yaitu observasi, tanya-jawab, dan dokumentasi. Pengujian instrumen learningobstacle dilakukan kepada siswa yang telah mendapatkan/ mempelajari materi tersebut. Instrumendiujikan kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Cirebon dan juga kepada beberapa orangmahasiswa pendidikan matematika UPI. Hasilnya ditemukan beberapa hambatan-hambatan yangteridentifikasi dalam memahami konsep sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, yaitu: 1)Hambatan epistimologi terkait penerapan konsep sudut pusat dan sudut keliling menghadapi busuryang sama. 2) Hambatan epistimologi terkait variasi informasi yang tersedia serta penerapandefinisi sudut pusat dan sudut keliling pada soal. 3) Hambatan epistimologi terkait dalammenganalisis soal. 4) Hambatan epistimologi terkait pengaitan dengan konsep yang lain 5)Hambatan epistimologis terkait memunculkan gagasan dalam menjawab soal.
BAGAIMANAKAH RANCANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEWIRAUSAHAAN (RPM-BK) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER WIRAUSAHA DAN KETERAMPILAN MATEMATIS? Sudirman, Sudirman; Rosyadi, Rosyadi
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.599 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.91

Abstract

Tujuan utama Sekolah Menengah Kejuruan adalah untuk mencetak tenaga kerja, baik sebagai pekerja maupun sebagai wirausahawan (entrepreneur). Proses pembelajaran matematika di SMK tidak mengintegrasikan program kewirausahaan yang bisa menumbuhkan karakter kewirausahaan dan keterampilan matematis siswa. Upaya untuk menghasilkan rancangan pembelajaran matematika berbasis kewirausahaan dalam mengembangkan karakter wirausaha dan ketrampilan matematis harus dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahapan penelitian ini terbagi menjadi dua tahap (1) pendefinisian (define), (2) perencanaan (design). Produk rancangan pembelajaran berbasis kewirausahaan terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar dan model pembelajaran. Karakter wirausaha terdiri dari tekun, percaya diri, teliti, sistematis, kreatif dan berani mengambil resiko yang diukur dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) tahap pendefinisian aspek silabus, RPP, bahan ajar dan model pembelajaran masih menggunakan silabus dan RPP dari KTSP belum dimodifikasi berdasarkan program keahlian yang bisa menumbuhkan karakter wirausaha dan ketrampilan matematis tertentu; (2) aspek pendesainan silabus, RPP, bahan ajar dan model pembelajaran telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter wirausaha dan menumbuhkan keterampilan matematis siswa SMK materi program linear.
KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKS PEMASARAN Tusi Fatimah, Ai; Eva Zakiah, Nur
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.716 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.92

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kelancaran prosedural matematis siswa dalamproses pemecahan masalah matematika pada konteks pemasaran. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Partisipan berjumlah 6orang yang merupakan siswakelas XII pada salah satu SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Ciamis.Instrumen penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk masalah matematika terapan pada kontekspemasaran. Analisis data mengacu pada indikator kemampuan kelancaran proseduralyaitupengetahuan tentang prosedur, pengetahuan tentang kapan dan bagaimana menggunakanprosedur dengan tepat, dan keterampilan dalam melakukan prosedur secara fleksibel, akurat danefisien. Siswa yang sukses dalam memecahkan masalah matematis konteks pemasaran adalahsiswa yang memahami masalah melalui penalaran, mengetahui prosedur yang tepat, menerapkanprosedur secara tepat, fleksibel dan akurat, serta memverifikasi jawaban sehingga masuk akal.
PENERAPAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Aisah, Siti; Nasir, Fuad; Pratiwi Dwi Santi, Dina
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.293 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.95

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa padamateri operasi aljabar dan metode yang digunakan kurang memotivasi siswa. Salah satu solusi yangdapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan metodestratagem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasimatematis siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelasVIIIB MTs Islamic Centre Kota Cirebon. Penelitian ini berupa penerapan dengan menggunakanmetode stratagem. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berupasoal uraian dan lembar angket respons siwa. Metode ini diterapkan pada kelas eksperimen denganjumlah 20 orang siswa yang dibagi menjadi lima kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkanmetode stratagem dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkandeskripsi data, pengolahan data dan pengujian signifikansi terhadap penelitian yang telah diuraikan,dapat disimpulkan bahwa metode stratagem dapat meningkatkan kemampuan komunikasimatematis siswa pada pembelajaran operasi aljabar.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIPE MARRY GO ROUND Denni Ismunandar; Casmunah, Casmunah; Hartini, Sri; Ismunandar, Denni
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.74 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.96

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yangpembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan tipeMarry Go Round, serta kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada tipe Marry Go Round.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri3 Jatibarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel kelas diambil sebanyak dua kelas denganmenggunakan teknik cluster random sampling dengan cara diundi. Berdasarkan uji hipotesisdengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada tipeMarry Go Round. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigationdapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk membangkitkankemampuan pemahaman matematis siswa.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI LOGARITMA Ibnu Prasetia, Panji; Gunadi, Farid; Fiqriyah, Fiqriyah
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.956 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe ThinkTalk Write (TTW) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi logaritma.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1Sindang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi dan tes. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa kelas X-8 MIPA yang berjumlah 36 siswa. Dalam penelitian ini,untuk menganalisis data digunakan uji t satu sampel. Hasil pengolahan data hasil belajar diperolehrata-rata siklus I sebesar 78,73, siklus II 84,17 dan siklus III 86,80. Begitu juga dari peningkatanjumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu dari siklus I sebanyak 18 dari 30 siswa atau60% dengan kriteria ketuntasan tinggi, siklus II 23 dari 30 siswa atau 76,67% kriteria ketuntasantinggi, dan siklus III 25 dari 30 siswa atau 83,33% termasuk kategori kriteria ketuntasan sangattinggi. Hasil uji efektivitas yang diperoleh pada siklus I, siklus II dan siklus III to > t(0,05, 30) efektif.Sedangkan hasil pengolahan data keaktifan yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiapsiklus dengan rata-rata siklus I 46,67%, siklus II 73,33%, dan siklus III 90%.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN THINK TALK WRITE Dwi Handayani, Riska; Nandang, Nandang; Damayanti Lestari, Wiwit
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2018): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.928 KB) | DOI: 10.31943/mathline.v3i2.99

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yangpembelajarannya menggunakan metode Talking Stick dan metode Think Talk Write; (2) Untukmengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik antara yang pembelajarannyamenggunakan metode Talking Stick dengan metode Think Talk Write. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIIISMP N 4 Sindang TahunPelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster randomsampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan metodepembelajaran Talking Stickdan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakanmetode pembelajaranThink Talk Write. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal uraian untukmengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Dalam penelitian ini, untuk menganalisis datadigunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematissiswa yang pembelajarannya menggunakan metode Talking Stick lebih baik daripada yangmenggunakan metode Think Talk Write. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuankomunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stick lebih baikdaripada yang menggunakan metode Think Talk Write. Dengan demikian, metode pembelajaranTalking Stick dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untukmeningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8